25 Game GBA Terbaik

25. Lunar Legend

Sebuah remake dari salah satu game RPG populer Sega CD, Lunar Legend menghadirkan petualangan seru dirangkai jalinan cerita, yang tersaji apik melalui setiap cutscene yang ada. Walaupun tidak sebaik versi Sega CD atau versi PlayStation-nya, tapi Lunar Legend berhasil menghidupkan atmosfer dunia Lunar yang penuh misteri dalam tampilan yang sederhana namun begitu menyentuh. Siapapun yang memainkan game ini bakal dibuat jatuh hati pada setiap karakter yang ada, apalagi karakter-karakter ini digambar dalam bentuk chibi yang menggemaskan.

24. Final Fight One

Capcom membawa kembali aksi baku hantam Final Fight yang pernah populer di awal 90-an ke dalam mesin GBA. Tidak seperti versi port SNES yang banyak mengalami pemangkasan, Final Fight One menampilkan semua area secara utuh meliputi industrial area. Tiga karakter jagoan pun dihadirkan seluruhnya dengan tambahan ekstra yang keren. Game ini sukses membawa nostalgia Final Fight setiap kali aku memainkannya.

23. Super Monkey Ball Jr.

Super Monkey Ball Jr. bisa dibilang game yang membutuhkan kesabaran dan juga ketangkasan dalam sekali waktu. Dengan gameplay ala Marble Madness, kita mesti bisa menggerakkan bola berisi monyet dengan hati-hati agar tidak terjatuh dari papan oleng yang penuh rintangan. Sangat adiktif dan bisa dimainkan siapa saja, kapan saja, di mana saja. Sebuah game pengisi waktu luang yang bakal membuat siapapun yang memainkannya menjadi gemas sendiri. Yeah.

22. DK: King of Swing

Alih-alih menggunakan nama Donkey Kong, game ini justru menampilkan inisial nama kera raksasa itu sebagai judul utama. Dan menurutku itu sangat keren! King of Swing membawa aksi Donkey Kong kembali ke genre aslinya, genre arcade. Dalam game ini, kita mesti pintar-pintar menggerakkan DK berayun dari satu lingkaran ke lingkaran lainnya untuk mengumpulkan pisang dan juga medali, sembari tentunya menghindari setiap rintangan yang ada. Seru dimainkan secara multiplayer dan tentunya pilihan tepat dalam mengisi waktu luang.

21. Digimon Battle Spirit

Game ini bisa disebut juga Smash Bros. untuk mesin GBA, namun karakter-karakternya adalah Digimon. Di sini kita memainkan salah satu Digimon dan bertarung melawan Digimon lainnya untuk mengumpulkan orb sebanyak-banyaknya untuk menjadi pemenang. Ada banyak pilihan Digimon yang bisa kita mainkan yang semuanya berasal dari tiga serial animasi Digimon yang populer dan tayang di Indosiar, mulai dari Digimon Adventure, Digimon Adventure Zero Two, hingga Digimon Tamer. Game ini termasuk game yang kufavoritkan sebagai pengganti Smash Bros. yang sayangnya absen di mesin portabel ini.

20. Pokemon Pinball: Ruby & Sapphire

Pokemon merupakan serial game favoritku, aku hampir memainkan semua judulnya mulai dari Pokemon Blue. Sementara pinball, merupakan game pengisi waktu luang favoritku, yang pertama kali kumainkan di mesin NES dan juga PC. Praktis, game yang merupakan perpaduan Pokemon dan pinball ini bakal menjadi favoritku. Ini bukan sekadar game pinball, karena sebagaimana Pokemon, dalam game ini kita juga dituntut menangkap semua Pokemon yang ada dengan Pokeball, yang menjadi bola pinball dalam game ini. Bisa dibilang game ini adalah game pinball rasa Pokemon, dan game Pokemon rasa pinball.

19. Ninja Five-0

Setelah bertahun-tahun sejak Ninja Gaiden dan Shinobi, akhirnya muncul juga game ninja bergenre 2D platformer yang menarik untuk dimainkan. Gameplay-nya mirip-mirip Ninja Gaiden dan Shinobi, bedanya kemampuan ninja dalam game ini jauh lebih mirip ninja sebenarnya dengan elemen stealth yang seru dan misi penyelamatan. Setiap power-ups yang ada terbilang keren, membuat siapapun yang memainkannya serasa menjadi seorang ninja. Sayangnya judul game ini menurutku sangat jelek. Mestinya Konami selaku pengembang bisa memilihkan judul yang lebih keren.

18. Metal Slug Advance

Seri run and gun favoritku dalam mesin GBA, tentu bakal menjadi favoritku. Dengan gameplay standar Metal Slug, sensasi run and gun dengan teriakan ‘heavy machine gun’ begitu kental terasa di game ini. Bedanya, nyawa karakter digantikan dengan health meter, di mana karakter kita bakal mati bila kehabisan health point. Ada juga fitur baru card system yang dapat membantu aksi tembak-menembak dalam game ini. Pilihan karakternya pun menarik, sepasang karakter laki-laki dan perempuan yang menurutku sama kerennya dengan kuartet utama Metal Slug X.

17. Mario Kart: Super Circuit

Aku lebih berharap game ini diberi judul Mario Kart Advance daripada Super Circuit, sebagaimana tradisi Nintendo yang selalu mengaitkan judul gamenya dengan nama sistem gamenya. Tapi tak masalah, toh tidak mengurangi serunya permainan battle go-kart ala Mario dan kawan-kawan. Grafisnya bisa dibilang memaksimalkan kemampuan GBA, meskipun rasanya seperti memainkan Super Mario Kart versi SNES, dengan belokan-belokan yang cukup sulit dilewati. Namun justru di situlah tantangannya. Dengan sirkuit-sirkuit menarik dan menantang, fitur multiplayer yang seru, serta sirkuit-sirkuit SNES yang bisa dimainkan kembali di game ini, Super Circuit benar-benar game yang super.

16. Yggdra Union: We'll Never Fight Alone

Game bergenre turn-based strategy RPG, yang mengisahkan perjuangan Putri Yggdra dalam merebut kembali tahta Fantasinia dari raja yang jahat, Gulcasa. Memainkan game ini membuat kita seperti membaca novel perang dan menyaksikan film perang sekaligus. Hal ini dikarenakan game ini memiliki balutan cerita kompleks dengan banyak dialog yang dikemas dalam beberapa chapter ala novel. Visual adegan perang yang ditampilkan pun terasa begitu seru dengan dukungan dialog dalam pertempuran. Selain itu, game ini memiliki mekanik yang unik, cukup rumit, namun menarik dimainkan dan membutuhkan strategi. Di antaranya seperti penggunaan kartu strategi serta karakteristik setiap kelas petarung yang menentukan kemenangan kita.

15. Sonic Advance

Setelah Sega berhenti memproduksi mesin game, Sonic pun kini hadir dalam mesin buatan Nintendo. Sonic Advance menawarkan kembali aksi petualangan secepat kilat ala Sonic The Hedgehog yang pernah populer di tahun 90-an. Bedanya, Sonic Advance memiliki banyak elemen rahasia dalam teknis pengumpulan chaos emerald. Ada empat karakter yang bisa kita pilih yaitu Sonic, Tails, Knuckles, dan Amy. Keempatnya memiliki keunikan masing-masing yang berguna dalam melintasi beragam zona yang menantang untuk menghentikan niat jahat Dr. Eggman.

14. Golden Sun

Golden Sun bisa dideskripsikan sebagai sebuah game RPG yang begitu indah. Baik dari segi grafis, sound, gameplay, dan tentunya dari segi cerita. Gameplay game ini standar RPG, tapi fitur-fiturnya begitu kaya dan menjadikannya salah satu RPG terbaik di mesin Nintendo. Salah satu fitur tersebut adalah pengumpulan dan penggunaan makhluk elemental yang disebut Djinn. Dengan efek pertempuran yang keren, membuat siapapun yang memainkan game ini bakal terus terkenang dengan kisah petualangan epik yang begitu panjang. Dunia yang begitu luas dan cerita yang begitu kaya tersebut menjadikan kisah ini berlanjut pada sekuelnya, The Lost Age.

13. Dragon Ball: Advanced Adventure

Game platformer ini terbilang sukses dalam mengadaptasi serial manga populer Dragon Ball menjadi sebuah video game. Advanced Adventure membawa kembali kenanganku pada episode-episode awal Dragon Ball saat Son Goku masih anak-anak, melawan Red Ribbon Army, hingga menghentikan Raja Piccolo.. Setiap levelnya pun bervariasi, mulai dari petualangan di daratan, menunggangi awan kintoun, hingga pertarungan satu lawan satu di arena turnamen dunia. Selain menampilkan petualangan Goku yang penuh aksi dalam perjalanan mengumpulkan ketujuh bola naga, game ini juga menampilkan fitur multiplayer dalam format turnamen tenkaichi budokai yang melegenda. Sangat seru.

12. Mario & Luigi: Superstar Saga

Bila pada seri Super Mario Bros. Mario dan Luigi berpetualang dalam model alternating turn, kini keduanya dapat beraksi bersama secara bersamaan lewat seri pertama Mario & Luigi ini. Superstar Saga mencampurkan serunya genre RPG khas Mario dengan kerja sama antar dua tukang pipa bersaudara ini untuk memunculkan setiap kombinasi serangan demi mengembalikan suara Princess Peach yang dicuri. Sebagaimana game RPG Mario sebelumnya, gameplay Superstar Saga mudah dipahami dan tentunya begitu adiktif, seru untuk dimainkan.

11. Fire Emblem: The Sacred Stones

Mesin GBA cukup populer dengan game bergenre turn-based strategy RPG. Salah satu game yang cukup populer di mesin ini yaitu Fire Emblem: The Sacred Stones. Memainkan game ini akan membawa kita hanyut dalam perjalanan Eirika dan Eiphraim, dua bersaudara kembar pewaris kerajaan Renais dalam membangun kembali kerajaan mereka dan menyingkap kekuatan gelap di balik peperangan yang menghancurkan negeri mereka. Cerita game ini terbilang begitu epik, yang masing-masing chapter digambarkan dalam setiap balutan dialog dan pertempuran seru penuh strategi. Selain dari segi cerita, adegan duel yang keren juga membuatku memfavoritkan game ini.

10. Castlevania: Aria of Sorrow

Aria of Sorrow bukan sekadar game Castlevania yang sering kumainkan di mesin-mesin Nintendo sebelumnya. Game ini mengadopsi gameplay non-linear yang pertama kali digunakan Castlevania lewat Symphony of the Night, yang digadang-gadang sebagai seri Castlevania terbaik yang pernah ada. Sebagai penggemar Metroid, tentunya gameplay seperti ini menjadi favoritku. Dengan gameplay non-linear ala Metroid, tak butuh waktu lama bagiku untuk memfavoritkan Aria of Sorrow sebagai salah satu game terbaik di GBA. Dalam game ini kita berperan sebagai Soma Cruz, yang memiliki kemampuan menyerap kekuatan setiap monster yang dikalahkannya. Kemampuan-kemampuan ini penting untuk dikumpulkan agar bisa mencapai lokasi-lokasi tertentu demi menyelesaikan permainan. Bisa dibilang Aria of Sorrow adalah Metroid dengan setting mitologi Dracula.

9. Drill Dozer

Tak banyak game yang dikembangkan oleh GameFreak. Namun, setiap gamenya selalu berkualitas dan sangat adiktif, menyenangkan untuk dimainkan. Salah satunya Drill Dozer, yang hadir di penghujung era GBA. Game bergenre side scrolling platforming ini menghadirkan fitur-fitur game inovatif dengan ide yang begitu orisinal. Beragam fitur dan elemen permainannya bakal membuat kita hanyut dalam perjuangan Jill Dozer, gadis cilik dengan alat pengebornya demi mengalahkan penjahat yang berniat menguasai dunia. Dan seperti game-game buatan GameFreak lainnya, Drill Dozer bukanlah game platforming biasa, game ini rumit dan menantang.

8. Harvest Moon: Friends of Mineral Town

Friends of Mineral Town sebenarnya merupakan remake dari Back to Nature yang rilis di mesin PlayStation. Karenanya, merupakan sebuah nostalgia ketika game ini hadir kembali di GBA. Fitur permainannya tak banyak berubah, namun tetap saja membuat ketagihan untuk dimainkan. Bagiku game ini bukan sekadar permainan, melainkan memiliki banyak pelajaran yang dapat dipetik. Misalnya kita mesti disiplin, rajin, dan mesti bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dan memainkannya di mesin portabel tentu membuatnya semain menyenangkan.

7. Gunstar Super Heroes

Di era Sega Genesis/Mega Drive, tersebutlah sebuah game Run and Gun dengan kualitas yang sangat baik, Gunstar Heroes. Treasure selaku pengembang game ini tampaknya cukup pintar dengan membuat versi barunya untuk mesin GBA dengan judul Gunstar Super Heroes. Dengan kualitas GBA, game ini sukses menghidupkan kembali aksi para pahlawan bintang dalam menghentikan usaha jahat empire yang ingin membangkitkan prajurit terkuat, Golden Silver. Semuanya hadir dalam tampilan grafis dan audio yang lebih baik, dan tampilan karakter yang lebih fresh serta jalinan cerita yang lebih kompleks.

6. The Legend of Zelda: The Minish Cap

Mesin Nintendo takkan lengkap tanpa game Zelda, dan Minish Cap adalah jawabannya. Kali ini di mesin GBA, Nintendo menghadirkan petualangan ksatria kidal, Link yang dapat mengecilkan ukuran tubuhnya dengan topi ajaib berbentuk kepala burung demi menyelamatkan Putri Zelda yang dikutuk jadi batu oleh penyihir jahat Vaati. Dalam game ini, untuk bisa mencapai tempat-tempat tertentu, Link mesti mengubah dirinya menjadi kecil. Seperti elemen-elemen khas serial Zelda, The Minish Cap menghadirkan fitur-fitur baru yang membuatnya seru untuk dimainkan. Di antaranya yaitu ras baru bernama Picori, perburuan dan penggabungan batu ajaib bernama kinstone, perlengkapan baru seperti sarung tangan penggali dan gusi angin, serta kemampuan Link untuk menggandakan tubuhnya menjadi empat. Dengan cerita pencarian empat elemen yang menarik, duel pedang yang seru, teka-teki yang berliku, dan penjelajahan dua dunia dalam perspektif yang berbeda, game ini menawarkan sensasi petualangan yang mengasyikkan.

5. Mario Vs. Donkey Kong

Mario Vs Donkey Kong menghadirkan kembali permusuhan Mario si tukang ledeng dengan kera raksasa Donkey Kong telah terjadi berpuluh tahun yang lalu. Game ini menyempurnakan seri Donkey Kong yang rilis di mesin Game Boy dengan lebih baik. Puzzle-nya cukup kompleks, beberapa di antaranya mungkin sulit, hingga akan membuat kita geregetan dan terus berusaha menyelesaikannya. Inilah yang membuat Mario Vs Donkey Kong memiliki replay value yang tinggi, apalagi dengan adanya Mini Mario, yang bakal membuat kita pusing tujuh keliling. Selain itu setelah menamatkan game ini, bakal ada permainan baru, yang membuat kita akan kembali memainkannya.

4. Advance Wars 2: Black Hole Rising

Advance Wars sukses menghadirkan sebuah game strategi perang yang begitu mengasyikkan. Namun sekuelnya, Black Hole Rising hadir jauh lebih baik, dengan atmosfer yang lebih serius dan lebih menantang. Banyak fitur yang bisa dimainkan di game ini, membuat kita bakal betah memainkannya. Mulai dari mission yang bakal membuat kita berpikir keras dalam mengalahkan pasukan Black Hole, serta opsi multiplayer yang sangat seru dimainkan bersama kawan, serasa benar-benar sedang berperang dengan berbagai kendaraan tempur yang kita miliki.

3. Metroid: Zero Mission

Zero Mission membawa kembali kita pada aksi Samus Aran, sang bounty hunter kita dalam misi pertamanya menghancurkan Metroid di Planet Zebes. Sebagai sebuah remake dari versi aslinya yang rilis di mesin NES, Zero Mission tentu jauh lebih superior dengan beragam warna yang dihadirkan. Bukan itu saja, terdapat tambahan misi setelah kita berhasil mengalahkan Metroid, di mana Samus akan kehilangan armornya dan mesti bertahan hanya dengan pistol demi mengalahkan Space Pirates dan melarikan diri dari Planet Zebes. Ya, game ini memang penuh aksi yang sayang untuk dilewatkan.

2. Final Fantasy I&II: Dawn of Souls

Secanggih atau sekeren apapun seri Final Fantasy terbaru, takkan bisa mengalihkan perhatianku dari seri pertama RPG tersukses di dunia ini. Kenapa? Karena Final Fantasy pertama yang rilis untuk NES memberikan kita kebebasan dalam menentukan party dan karakter kita, tanpa terikat pada jalinan cerita. Sehingga, pengalaman petualangannya begitu terasa, seakan kita benar-benar masuk ke dunia Final Fantasy sebagai diri kita sendiri. Dawn of Souls membawa kembali pengalaman tersebut, yang dikemas bersama seri kedua Final Fantasy, menjadikan game ini sebagai paket komplet bagi penggemar Final Fantasy seperti diriku.

1. Pokemon - Emerald Version

Bagi kalian yang mengikuti blog game Elmaulana pasti sudah menebak game ini bakal berada di urutan paling atas. Pokemon memang merupakan salah satu serial game yang paling kusukai. Dan di antara semua versinya, Pokemon versi Emerald adalah yang terbaik. Berbeda dengan semua rilisan ketiga game Pokemon, Emerald sukses memadukan dua versi yang rilis sebelumnya, Ruby dan Sapphire dengan begitu baik. Sehingga game ini bukan sekadar perulangan sepasang game sebelumnya, melainkan memiliki jalinan cerita yang berbeda yang dikembangkan dari Ruby dan Sapphire. Di game ini kita bisa melihat semuanya berkumpul, Tim Magma dan Tim Aqua dengan ambisi mereka masing-masing, serta pertemuan para legenda cuaca yang begitu epik. Dan jangan lupakan fitur Battle Frontier, membuat game ini memiliki nilai lebih dibandingkan game-game Pokemon sebelumnya.

Itu tadi daftar 10 game GBA yang jadi favoritku untuk dimainkan. Kalian mungkin tidak setuju dengan daftar di atas, itu wajar karena setiap gamer memiliki selera mereka masing-masing. Namun untuk urutan pertama daftar ini, sepertinya banyak gamer Indonesia yang setuju. Ini tampak dari survei yang kulakukan di kalangan kawan-kawanku di Facebook, di mana aku menanyakan game apa yang dianggap sebagai game terbaik yang pernah dimainkan di GBA. Sebagian besar jawaban menyebut Pokemon Emerald, sebagian kecil menyebut Pokemon Ruby, sisanya menyebut beberapa judul game seperti Summon Night dan Harvest Moon. Karena itu aku heran kenapa seri Pokemon tidak berada di posisi lima besar pada daftar game GBA terbaik yang ditulis situs-situs review game luar negeri. Tapi tak masalah, mereka pastilah punya standar tersendiri dalam menentukannya. Dan tentunya daftar game GBA favorit kalian bakal berbeda dengan milikku ini.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar