Kapan terakhir Anda merasakan atmosfer sebuah game strategi dalam
kualitas yang pantas untuk diacungi jempol? Terlepas dari aktifnya
industri game menelurkan begitu banyak game ke pasaran saat ini, genre
taktik justru bergerak negatif, semakin jarang dan semakin dilupakan.
Untungnya, ia tidak mati begitu saja. Firaxis Games dan 2K Games
menelurkan seri terbaru XCOM, bertajuk Enemy Unknown untuk mengisi celah
kosong yang semakin melebar ini. Tampil sebagai sebuah remake, Enemy
Unknown bukanlah sekedar sebuah fan-service untuk gamer yang pernah
mencintai franchise ini di masa lalu. Ia tumbuh menjadi oase bagi gamer
yang merindukan sebuah game strategi yang menantang dan adiktif.
Popularitas yang rendah dan nama yang mungkin terdengar asing bagi
gamer generasi baru saat ini bukanlah alasan yang legit untuk meremehkan
XCOM: Enemy Unknown begitu saja. Pertama kali Anda memainkan game ini
di berbagai platform yang ada, di saat yang sama pulalah Anda akan
menemukan segudang alasan untuk tetap bertahan dengannya. Menggabungkan
strategi pertempuran, taktik, simulasi, role-playing, dan beragam adegan
sinematik dalam kompleksitas yang adiktif, hampir tidak ada alasan
untuk membenci XCOM: Enemy Unknown. Bagi Anda gamer hardcore yang butuh
tantangan, XCOM lebih dari cukup untuk mengurus semua resource energi
tubuh Anda. Semua pesona inilah yang membuat kami jatuh cinta dengan
seri game yang satu ini.
Lantas, kompleksitas seperti apa yang sebenarnya ditawarkan oleh XCOM
– Enemy Unknown ini? Mengapa tantangan yang ia tawarkan justru
meninggalkan adiksi tersendiri? Review Anda ini akan menggalinya lebih
dalam untuk Anda.
Plot
XCOM (Extraterrestial Combat) merupakan unit pasukan khusus yang
dibentuk oleh Council of Nations, sebagai reaksi dari serangan terbuka
Alien di bumi
Satu hal yang paling lemah dari XCOM: Enemy Unknown mungkin ada pada
sisi plot yang ditawarkan oleh Firaxis sendiri. Seperti film-film
Hollywood bertema Alien dan pasukan khusus yang mungkin Anda temui di
Hollywood, tidak ada cerita yang mendalam dengan twist yang menarik.
Bukan hal ini yang menjadi pesona dari XCOM: Enemy Unknown.
Secara garis besar, Anda akan berperan sebagai seorang Komandan Tertinggi untuk sebuah pasukan khusus yang disebut sebagai XCOM (Extraterrestial Combat).
XCOM dibentuk dari pasukan-pasukan terbaik dari seluruh negara di
dunia, dan dipimpin oleh Council of Nations – sebuah organisasi ala PBB.
Tujuan pembentukan XCOM tentu saja jelas, melawan balik dan
menghancurkan setiap ancaman serangan Alien yang mulai menyerang
negara-negara di Council of Nations secara terbuka. Tidak hanya itu
saja, XCOM juga diminta untuk menginvestigasi alasan di balik serangan
ini, mempelajari, dan juga mencuri teknologi mereka. Dipandu oleh sosok misterius ini, Anda akan dipandu untuk menuju ke semua sumber ancaman di seluruh dunia. Ini akan menjadi pertempurann yang penuh dengan darah dan air mata!
Dengan kekuasaan sebagai Komando inilah, Anda diberi kebebasan untuk
membongkar unit khusus yang Anda inginkan sepanjang permainan. Tidak
hanya mengatur pertempuran mereka di lapangan, Anda juga harus
memastikan markas XCOM Anda dapat berjalan maksimal dan memfasilitasi
semua kebutuhan yang diperlukan untuk mengalahkan para Alien ini.
Tanggung jawab untuk memastikan keamanan global dengan berbagai masalah
dan konflik kepentingan akan menjadi masalah Anda sepenuhnya. Dari
sinilah, kekuatan XCOM: Enemy Unknown untuk memukau gamer tumbuh.
Kompleks, Sulit, dan Adiktif!
Tidak mudah untuk menentukan genre utama dari XCOM: Enemy Unknown ini
sendiri. Ia menawarkan banyak elemen gameplay, dari strategi taktis,
role-playing, hingga simulasi.
Tidak mudah memang untuk menyimpulkan intisari gameplay dari XCOM:
Enemy Unknown ini sendiri. Mengapa? Karena ia memuat begitu banyak jenis
bentuk permainan dari berbagai genre. Ia bukanlah sekedar sebuah game
taktis, ia juga menawarkan kesempatan simulasi, strategi, bahkan
role-playing. Bagian terbaiknya? Ini hanyalah permukaan dari
kompleksitas yang akan Anda temukan di dalamnya.
Sebagai komando tertinggi dari XCOM, ada dua jenis gameplay yang akan
menuntut partisipasi aktif Anda dan menjadi bagian utama dari seri
terbaru ini sendiri. Pertama, tentu saja mengorganisasi pasukan khusus
yang dilempar untuk menangani setiap ancaman yang ada. Seperti game
strategi taktik konvensional, Anda akan menjalankan tim XCOM
beranggotakan 4-6 orang, dengan spesialisasi peran dan senjatanya
masing-masing. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan memiliki skill
yang dapat digunakan untuk menyerang maupun bertahan. Dengan gameplaynya
yang berbasis turn-based, strategi untuk memanfaatkan setiap turn yang
ada tentu saja akan memainkan peran yang krusial. Anda dapat
memanfaatkan semua kesempatan aksi Anda hanya untuk bergerak, bergerak
dan menyerang, atau diam dan menyerang dua kali. Satu yang pasti, Anda
tidak akan dapat memastikan kemenangan dengan hanya sekedar mengepung
dan menyerang secara membabi-buta.
Ada dua format gameplay utama yang ditawarkan di seri terbaru ini.
Sebagai Komandan tertinggi, Anda juga diharuskan untuk mengatur pasukan
khusus Anda di pertempuran. Tidak sekedar membabi buta, banyak pemikiran
strategis yang perlu Anda tempuh sebelum akhirnya memutuskan untuk
bergerak, berlindung, atau menyerang.
Anda akan mulai berharap agar setiap serangan yang diluncurkan oleh
anggota tim Anda dapat mengirimkan damage fatal yang dibutuhkan.
Ada beragam varian Aliens yang Anda temukan selama perang,
masing-masing dengan spesialisasi senjata, karakteristik sifat, dan
strategi yang unik. Percayalah, mereka sama pintarnya dengan Anda!
Berbeda dengan game strategi biasa yang memungkinkan Anda untuk
berdiri di daerah terbuka, Anda tidak bisa melakukan hal yang sama di
XCOM: Enemy Unknown. Seperti halnya kondisi yang Anda temukan di
pertempuran dunia nyata, Anda harus memastikan agar setiap anggota tim
ini bergerak dan berlindung di setiap cover yang ada untuk meminimalisir
damage yang mungkin ditimbulkan oleh para Aliens. Strategi terbaik
adalah mendekat ke posisi musuh untuk memperbesar probabilitas
keberhasilan serangan, namun sekaligus juga memastikan mereka bergerak
perlahan di setiap cover yang ada. Sekedar berjalan dan berlari tanpa
pertimbangan hanya akan berujung pada pertumpahan darah yang sia-sia.
Anda juga dapat menyerang jarak jauh dengan senjata berat nan destruktif
seperti rocket launcher maupun granat.
Untuk sisi gameplay yang satu ini, kompleksitas dan kesulitan datang
dari beragam jenis Aliens yang Anda temukan. Firaxis harus diakui,
berhasil menciptakan AI yang luar biasa. Mereka akan bergerak secara
berkelompok, mencari cover terbaik, bahkan menggunakan skill dan granat
jika menguntungkan mereka. Ini baru satu dari sedikit Alien yang Anda
temukan. Sepanjang permainan, Anda akan menemukan segudang varian Aliens
dengan beragam spesialisasi serangan dan sifat yang juga berbeda.
Setiap musuh ini mengandung potensi bahayanya sendiri, dan selalu
mematikan. Ada Chrysalid yang mampu mengubah Anda menjadi zombie dan
memperbesar ancaman, ada Muton dengan serangan fatal dan akurasi tinggi,
hingga Cyberdisc yang mampu berubah menjadi robot. Salah langkah
sedikit saja, maka semua Aliens ini akan mencabut nyawa Anda dengan
mudahnya. Melawan serangan terorganisir dari semua Aliens ini akan
membuat frustrasi pada satu titik. Bayangkan jika Anda harus berhadapan
dengan 19 aliens secara langsung di sebuah misi.
Tidak hanya mengatur pasukan di arena pertempuran, sebagai komandan
tertinggi di XCOM, Anda juga akan dihadapkan pada tugas gameplay kedua
yang tidak kalah beratnya. Anda harus mengatur agar markas Anda mampu
memfasilitasi semua kebutuhan the Council of Nations, mengamankan
mereka, dan memperkuat pasukan Anda dengan teknologi terbaru. Anda dapat
memeriksa tingkat kepanikan dari setiap negara yang tergabung di dalam
Council of Nations lewat sebuah interface yang sederhana. Anda dapat
meluncurkan satelit untuk setiap negara ini dan menyiapkan Interceptors
untuk menyerang para UFO sebelum mereka dapat mendarat di negara-negara
ini. Semakin banyak satelit yang Anda tugaskan untuk sebuah negara,
semakin rendah pula tingkat kepanikan negara ini. Keuntungan yang lain?
Anda juga akan mendapatkan pasokan dana yang lebih besar / bulan untuk
mendanai operasi XCOM, setiap kali Anda berhasil meluncurkan satelit dan
menjamin keamanan negara-negara ini. Ingat, permainan Anda akan
berakhir begitu 8 negara atau lebih meninggalkan Council of Nations
karena tingkat kepanikan yang terlalu tinggi.
Sebagai Komandan Tertinggi, Anda juga berkewajiban untuk membentuk
markas XCOM yang efektif dan mampu memfasilitasi setiap kebutuhan
pasukan Anda untuk memenangkan perang.
Melakukan penelitian, membangunnya di Engineering akan membantu pasukan
Anda untuk mendapatkan senjata dan armor yang lebih baik. Namun tidak
hanya itu saja, Anda juga dapat membangun beragam fasilitas baru untuk
beragam keuntungan XCOM sendiri. Ada begitu banyak pertimbangan.
Didanai oleh Council of Nations, sudah menjadi kewajiban Anda untuk
melindungi setiap negara yang bergabung di dalamnya. Jika Anda gagal
menangkal serangan yang ada, tingkat kepanikan di negara ini akan
meningkat. Hingga batas maksimal? Sang negara akan keluar dari koalisi,
yang otomatis berpengaruh pada pendapatan Anda / bulan. Jika sampai 8
negara yang keluar, misi Anda dianggap gagal sepenuhnya.
Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan XCOM Anda jauh lebih
efektiif? Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melakukan
research berkala untuk membuka pengetahuan, teknologi, dan sisi cerita
lain tentang serangan Alien ini. Research akan membuka opsi senjata dan
armor yang lebih kuat untuk Anda bangun di Engineering. Anda bisa
membangun teknologi yang Anda butuhkan, tidak hanya untuk memperkuat
setiap pasukan, tetapi juga Interceptors dan satelit Anda. Namun tidak
semua hal dapat diselesaikan dengan hanya membuka opsi ini. Anda bisa
membuka lebih banyak fitur dengan membuka lebih banyak fasilitas dan
tempat di markas XCOM Anda, dari Foundry hingga Steam Generator sebagai
sumber listrik. Kemampuan management Anda untuk memaksimalkan resource yang terbatas akan sangat diuji di gameplay yang satu ini.
Dengan kompleksitas permainan seperti ini, tidak perlu diragukan lagi
bahwa XCOM: Enemy Unknown akan menawarkan atmosfer permainan yang super
unik. Di satu sisi, ia begitu kompleks dan sulit, namun di sisi yang
lain, tantangan ini akan menciptakan adiksi lewat beragam proses trial and error yang akan terus Anda lakukan menghadapi para Aliens super pintar dan kuat ini.
Anda akan Merasakan Attachment yang Kuat dengan Setiap Karakter!
Anehnya, Anda akan merasakan sebuah keterikatan, attachment yang unik dengan beberapa unit pasukan yang Anda kendalikan.
Bekerja sebagai seorang Komandan yang mengepalai sebuah organisasi
militer yang menentukan nasib dunia, tentu bukan urusan mudah. Apalagi
jika setiap dari mereka ada pasukan elite yang muncul dari beragam
negara yang bergabung di Council of Nations. Lewat kompleksitas
permainan dan tingkat kesulitan tinggi yang Anda temukan, secara
menakjubkan, Anda akan menemukan sensasi yang unik untuk setiap anggota
tim yang Anda miliki. Ada perasaan terikat, attachment yang begitu kuat
untuk setiap dari mereka, apalagi jika mereka sudah mengikuti Anda sejak
awal pertempuran.
Elemen RPG akan terlihat kuat ketika Anda mulai mengorganisasi
pasukan Anda sendiri. Pertempuran akan memberikan sejumlah experience
points dan memungkinkan setiap karakter ini untuk mencapai level
tertentu, pangkat, dan mengambil beragam skill yang lebih spesifik. Anda
harus menentukan peran untuk memperkuat setiap tim yang ada untuk
kemampuan perang yang lebih maksimal. Tidak hanya itu saja, Anda juga
dapat memperkuat setiap dari karakter ini dengan beragam equipment yang
Anda dapatkan dari Engineering. Equipment dan aksesoris yang lebih
reliable tentu saja menjamin pertempuran yang lebih mudah untuk
diselesaikan.
Ancaman permanent death akan menjadi pendorong bagi Anda untuk
mementingkan keselamatan pasukan lebih dari apapun. Anda juga dapat
memodifikasi tampilan karakter untuk memunculkan efek personalisasi yang
unik. Jangankan mati, melihat mereka cedera dan butuh waktu sembuh
selama puluhan hari saja sudah cukup untuk membaut Anda panik.
Untuk meminimalisir ancaman kematian? Selain memastikan strategi
pertempuran yang tepat dan terencana matang, Anda juga dapat menyediakan
armor, senjata ,dan item pendukung yang tepat.
Lantas darimana perasaan terikat ini akan muncul? Dari sistem Permanent Death
yang Anda temukan di XCOM: Enemy Unknown ini. Setiap Aliens berbahaya
tidak hanya karena kekuatan mereka, tetapi karena kemampuan mereka untuk
membunuh karakter Anda secara permanen. Setiap karakter, level
berapapun dan sekuat apapun, tidak akan dapat lagi Anda gunakan begitu
ia tewas di pertempuran. Karena ketergantungan inilah, Anda akan mulai
mengenali dan memperkuat beberapa karakter tertentu yang seringkali Anda
gunakan, memastikan keselamatan mereka sebagai faktor terpenting
daripada sekedar menang dan bertempur membabi buta. Anda juga akan mulai
merasa sedih dan terpukul begitu mereka mengalami cedera parah dan
harus beristirahat beberapa hari setelah pertempuran. Oleh karena itu,
menjadi hal yang sangat penting untuk melakukan save secara berkala.
Akan lebih baik jika Anda mengulang permainan jika karakter andalan Anda
tewas, daripada memaksakan diri untuk melanjutkannya, apalagi ketika
pertempuran bertambah sulit.
Better with PC
Bukan masalah estetika yang membuat XCOM: Enemy Unknown akan tampil
lebih baik di PC. Tetapi hadirnya fitur Quick Save, yang akan menjadi
survival kit terbaik Anda untuk menempuh pertempuran dengan lebih
“aman”.
Dari semua platform gaming yang ditawarkan oleh Firaxis, PC menjadi
platform gaming terbaik yang bisa Anda dapatkan untuk mendapatkan
pengalaman yang lebih bersahabat dari XCOM: Enemy Unknown. Apa pasal?
Kita tidak sedang membicarakan visualisasi, framerate yang lebih tinggi,
atau hanya sekedar detail lingkungan yang lebih tinggi. Walaupun
Firaxis harus diakui berhasil membangun UI yang cukup mudah dikuasai dan
adaptif untuk XCOM: Enemy Unknown versi konsol (setidaknya dari versi
XBOX 360 yang kami jajal), ada satu fitur krusial yang tidak disuntikkan
untuknya. Benar sekali, kita membicarakan fitur untuk melakukan Quick
Save yang akan menentukan keberhasilan Anda.
Dengan permanent death dan pertempuran yang sulit dan ketat, fitur
untuk melakukan Quick Save tentu akan menjadi “jawaban” paling mumpuni
untuk setidaknya, memudahkan tantangan yang harus Anda hadapi. Kami
bahkan menyarankan Anda untuk memaksimalkan fungsi ini, bahkan ketika
Anda meraih sedikit progress di dalam pertarungan yang sedang Anda
jalani. Ada begitu banyak hal yang bisa terjadi di XCOM: Enemy Unknown
dan 80%-nya akan mampu membuat kepala pasukan Anda pecah dengan
seketika. Quick save boleh disimpulkan sebagai survival kit terbaik untuk memastikan tidak ada korban sia-sia yang harus Anda hadapi.
Kesimpulan
, XCOM: Enemy Unknown mampu membuktikan diri sebagai sebuah game
strategi taktis yang menarik, menantang, dan sekaligus adiktif. Ia
seolah menjadi oase paling segar yang bisa Anda temukan saat ini di kala
kekeringan game strategi yang akan membuat Anda betah berlama-lama di
depan layar monitor / televisi Anda!
Firaxis Games dan 2K Games harus diakui berhasil menciptakan sebuah
game strategi taktis yang luar biasa lewat XCOM: Enemy Unknown. Walaupun
diposisikan sebagai remake dari seri klasik yang sempat populer di
tahun 90-an, seri terbaru ini menawarkan banyak hal yang akan membuat
Anda jatuh cinta ketika memainkannya. Kompleksitas permainan sebagai
sebuah game simulasi, role-playing, dan strategi taktik, dibalut dengan
adegan sinematik dan tingkat kesulitan yang tinggi, XCOM: Enemy Unknown
akan memaksa Anda untuk terus melakukan proses trial and error,
yang akhirnya berujung pada adiksi. Ia bukanlah sebuah game yang hanya
menutut Anda untuk membangun pasukan dan sekedar memenangkan pertempuran
dengan hanya bergantung pada kuantitas unit. Ada begitu banyak hal yang
harus dipertimbangkan baik ketika Anda menjalankan pasukan maupun
mengorganisasi markas Anda. Tak beda dengan sebuah permainan catur,
otak Anda akan diperas sembari mengandalkan insting dasar gaming Anda.
Namun sayangnya ada beberapa kelemahan yang patut untuk dicatat dari
XCOM: Enemy Unknown ini. Salah satunya adalah sistem kamera yang
terkadang menyebalkan. Anda memang dapat mengatur sudut pandang kamera
dari sudut tertentu, sayangnya, tidak akan selalu berhasil menyediakan
sudut pandang yang Anda butuhkan. Hal ini akan semakin diperparah ketika
Anda mulai bertempur indoor dan butuh untuk bergerak ke lantai lebih
tinggi dengan presisi gerakan yang tepat. Tidak jarang Anda akan
kesulitan untuk melakukan hal ini, karena sudut kamera yang seringkali
membuat lantai 2 transparan dan justru dinaiki. Menyebalkan memang.
Selain sudut kamera, berbagai misi dengan tingkat kesulitan yang kurang
rasional juga menjadi kelemahan yang akan Anda temui. Tidak jarang Anda
akan merasa frustrasi karena hal ini. Bukan karena skill Anda yang lemah
atau perencanaan Anda yang kurang matang, namun beberapa level memang
didesain seolah tidak dapat ditaklukkan. Oh, you gonna hate it!
Terlepas dari semua kekurangan yang ada, XCOM: Enemy Unknown mampu
membuktikan diri sebagai sebuah game strategi taktis yang menarik,
menantang, dan sekaligus adiktif. Ia seolah menjadi oase paling segar
yang bisa Anda temukan saat ini di kala kekeringan game strategi yang
akan membuat Anda betah berlama-lama di depan layar monitor / televisi
Anda. Sebuah game yang wajib Anda mainkan!
Kelebihan
Dengan resource yang sangat terbatas, setiap tindakan butuh perencanaan
yang matang, bahkan ketika Anda melakukan ekspansi base sekalipun. Otak
Anda akan diperas keras.
Kompleksitas gameplay
Varian musuh dengan sifat dan karakteristik uniknya masing-masing
Tingkat kesulitan yang menantang
Organisasi markas XCOM yang butuh banyak pertimbangan
Attachment dengan karakter yang ada
Permanent Death yang membuat semuanya jadi lebih “menyeramkan”
Adiktif
Kekurangan
Sudut kamera yang tidak adaptif bisa jadi sangat menyebalkan ketika
Anda butuh padangan yang jelas akan kondisi di sekitar pertempuran.
Plot
Kamera yang tidak adaptif
Beberapa misi terasa hampir mustahil untuk diselesaikan
Cocok untuk gamer: hardcore, penggemar game strategi berkualitas, penikmat XCOM di masa lalu Tidak cocok untuk gamer: casual, mudah frustrasi, punya kecenderungan untuk bunuh diri
This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
0 komentar:
Posting Komentar