Sejarah Perusahaan Square Enix

Square-Enix adalah perusahaan produsen video game dan franchise lainnya seperti manga, anime, film dan lainnya. Square-Enix sangat dikenal untuk seri permainan RPG-nya (Role Playing Game – salah satu genre video game) seperti Final Fantasy, Dragon Quest, Kingdom Heart dan banyak lagi.
Square Enix adalah hasil dari bergabungnya perusahaan Square Co., Ltd. dan Enix pada tanggal 1 April 2003. Secara resmi Enix menarik Square, di mana para pemegang saham Square menerima 0,81 bagian saham dalam perusahaan baru ini sedangkan para pemegang saham Enix menerima bagian satu-banding-satu. Akan tetapi, posisi-posisi pimpinan dalam struktural perusahaan baru ini diduduki oleh pejabat-pejabat tinggi dari Square, termasuk presiden Square Yoichi Wada, yang ditunjuk sebagai presiden perusahaan yang baru.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran Square-Enix terpusat pada ide “polymorphic content”. Bahasa simpelnya adalah merubah konten dalam video game ke bentuk yang lain untuk dijual. Seperti mainan, action figure, asesoris, manga, anime dan lainnya.
Saat melakukan pengembangan video game, Square-Enix lebih terpusat pada pengembangan cerita, artwork, soundtranc dan karakter dari video game tersebut dibandingkan unsur teknisnya. Sehingga permainan lebih mudah dikembangkan menjadi bentuk lainnya.

Properti
Komputer dan permainan video
Sejauh ini, Properti permainan video Square Enix adalah aset yang paling berharga. Square Enix Dragon Quest diduga adalah seri permainan terpopuler kedua dijepang setelah Pokemon, dan setiap pengeluaran terbaru dari seri ini, penjualannya mencapai rekor tingkat penjualan tertinggi di Jepang. Dragon Quest telah terjual lebih dari 40 Juta unit diseluruh dunia dengan sekitar 39 jutanya dari Jepang. Tapi bagaimanapun Final Fantasy dapat disebut sebagai aset paling berharga milik Square Enix, dengan total penjualan diseluruh dunia melebihi dari 68 juta unit. Yang Terbaru dari Square Enix adalah Kingdom Hearts (pengembangan dilakukan bersama dengan Disney Buena Vista Games) telah menjadi populer diseluruh dunia dan menambahkan lagi aset berharga bagi perusahaan
Film
Final Fantasy VII: Advent Children adalah animasi-CGI movie berdasarkan permainan Squaresoft yang sukses di PlayStation yakni permainan Final Fantasy VII dimana cerita ini terjadi 2 tahun setelah cerita dipermainan.
Manga
Perusahaan ini juga mempunyai divisi penerbitan manga dijepang (berasal dari Enix) yang disebut Gangan Comics. Mereka hanya menerbitkan untuk pasaran jepang. Mereka juga menerbitkan manga anthologi jepang terkenal yang bernama Monthly Shonen Gangan. Judul-judul yang diterbitkan oleh Gangan Comics adalah Papuwa, Pani Poni, Spiral, Star Ocean: Blue Sphere, Star Ocean: The Second Story (manga), Star Ocean: Till the End of Time, dan Fullmetal Alchemist. Termasuk juga adaptasi manga dari Enix, dan permainan Square-Enix yang akan datang, seperti Kingdom Hearts.
Franchise Square Enix
Dragon Quest – dari Enix – dibuat di MSX pada tahun 1986
Final Fantasy – dari Square – dibuat di NES pada tahun 1987
Itadaki Street (Hanya dijepang) – dari Enix – dibuat di Famicom pada tahun 1988
SaGa – dari Square – dibuat di Game Boy pada tahun 1989
Seiken Densetsu (Seri permainan Mana diluar Jepang) – dari Square – nama franchise dijadikan Merek dagan pada tahun 1987 dan awalnya ingin dibuat pada Famicom Disk System, tetapi nama tersebut dihidupkan untuk pendirian franchise di Game Boy pada tahun 1991
Chrono Trigger – dari Square – dibuat di Super Famicom pada tahun 1995
Front Mission – dari Square – dibuat di Super Famicom pada tahun 1995
Star Ocean – dari Enix – dibuat di Super Famicom pada tahun 1996
Valkyrie Profile – dari Enix – Dibuat di PlayStation pada tahun 2000
Kingdom Hearts – dari Square dengan Disney – Dibuat di PlayStation 2 pada tahun 2002
Drakengard – dikembangkan untuk Enix, tapi diterbitkan dengan nama Square Enix – Dibuat di PlayStation 2 pada tahun 2003
Radiata Stories- Dibuat di PlayStation 2 pada tahun 2005
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar