Resident Evil 6 baru saja dirilis. Kali ini Capcom menawarkan empat buah campaign yang menceritakan karakter yang berbeda-beda.  Sebenarnya bagaimana perjalanan Resident Evil hingga bisa memiliki karakter yang berbeda-beda ini? VGI coba bantu gamer dengan sedikit menceritakan game-game Resident Evil yang telah dirilis hingga sekarang. Masing-masing game akan dijelaskan sesuai urutan waktu yang terjadi dalam gamenya.
{pagebreak}
Resident Evil 0

Meskipun bukan game Resident Evil paling  pertama dirilis, kasus yang terjadi di Raccoon City dimulai pada game ini. Ber-setting pada tanggal 23 Juli 1998, tim Bravo dari S.T.A.R.S. ditugaskan untuk menyelidiki  pembunuhan berantai di Arklay Mountains yang berada di luar Racoon City. Dalam perjalanan, helikopter tim Bravo rusak dan harus mendarat di hutan. Di dalam hutan tersebut, tim Bravo menemukan sebuah transport truck milik Polisi Militer. Kemudian mereka terpisah dan Rebecca Chambers, field medic tim Bravo, menemukan kereta yang berhenti dalam hutan: Ecliptic Express.
Ternyata dalam kereta tersebut banyak zombie, dan Rebecca akhirnya bertemu dengan Billy Coen, bekas anggota Marinir yang dituduh membunuh. Akhirnya mereka berdua harus bekerjasama untuk menyelamatkan diri mereka.
Resident Evil 0 dirilis pada tanggal 12 November 2002 untuk Gamecube. Ini adalah game terakhir Resident Evil yang masih menggunakan fixed camera angle, sama seperti Resident Evil klasik. Game ini juga memperkenalkan sistem partner, yang gamer mungkin mulai kenal di Resident Evil 5. Tentunya game ini juga masih banyak puzzle dimana ada yang harus dikerjakan dengan menggunakan sistem partner.
Dalam game ini gamer bisa memilih untuk mengendalikan Rebecca atau Billy. Bedanya, gamer akan mengendalikan keduanya secara bersamaan. Masing-masing karakter memiliki perbedaan, Rebecca dapat menggabungkan herb dan masuk ke area yang sempit, tapi lebih lemah. Sedangkan Billy dapat mengangkat objek berat, punya lighter, dan lebih tahan serangan, tetapi tidak bisa menggabungkan herb.
Resident Evil

Kesuksesan Capcom dengan franchise Resident Evil dimulai dengan game ini. Resident Evil dimulai pada tanggal 24 Juli 1998, hanya sehari setelah dimulainya kejadian di Resident Evil 0. Tim Alpha dari S.T.A.R.S. ditugaskan untuk mencari tim Bravo karena helikopternya menghilang. Setelah tim Alpha berhasil menemukan helikopternya, ternyata mereka tidak berhasil menemukan anggota yang selamat.  Di saat mereka sedang mencari petunjuk, mereka tiba-tiba diserang oleh sekelompok anjing yang terinfeksi. Berusaha melarikan diri, akhirnya mereka masuk ke dalam sebuah mansion.
Di dalam mansion ini mereka berhasil menemukan salah satu anggota tim Bravo. Sayangnya orang tersebut sedang dimakan oleh zombie. Menyadari bahwa mereka tidak sendirian dalam mansion ini, para anggota tim Alpha pun berusaha melarikan diri dari mansion yang penuh zombie.
Resident Evil pertama kali dirilis pada tanggal 22 Maret 1996 untuk PlayStation. Karena menggunakan model 3D untuk karakter dan pre-rendered 2D untuk background, game ini menggunakan fixed camera angle yang sedikit meningkatkan kesulitan. Meskipun Resident Evil cukup banyak menawarkan puzzle, dalam sebagian besar puzzle,  gamer hanya harus menemukan suatu item agar bisa memecahkan puzzle.
Dalam Resident Evil, gamer bisa memilih untuk memakai Jill Valentine atau Chris Redfield. Tidak ada perbedaan cerita dalam penggunaan kedua karakter ini, hanya ada sedikit perbedaan saja. Yang paling mencolok dari perbedaan karakter adalah kemampuannya. Jill mampu membawa item lebih banyak serta mempunyai lockpick. Sedangkan Chris hanya dapat membawa enam buah item, tetapi memiliki akurasi dan health yang lebih tinggi.
Resident Evil 2

Dua bulan setelah kejadian di Resident Evil, t-Virus telah menyebar ke Raccoon City sehingga membuat seluruh penduduknya. Resident Evil 2 memiliki dua tokoh utama: Leon S. Kennedy, seorang polisi baru yang akan memulai hari pertamanya di kantor polisi Raccoon City, dan Claire Redfield, seorang mahasiswi yang sedang mencari kakaknya Chris Redfield. Baru saja sampai di kota tersebut, Leon dan Claire berusaha menuju kantor polisi guna mencari perlindungan. Ternyata, seisi kantor polisi mereka temukan sudah menjadi mayat dan mereka mengetahui bahwa Chris telah pergi ke Eropa untuk menyelidiki markas Umbrella. Akhirnya keduanya memutuskan untuk mencari orang yang selamat dan kabur dari kota tersebut.
Resident Evil 2 dirilis pada tanggal 21 Januari 1998 untuk PlayStation.  Masih sama seperti sebelumnya, gamer akan mengendalikan sang tokoh utama untuk memecahkan puzzle dan melawan zombie. Yang baru dalam game ini adalah “Zapping system” dimana setiap karakter akan memiliki puzzle dan cerita yang berbeda. Gamer akan menyelesaikan skenario “A” dengan karakter tertentu, dan nantinya skenario “B” akan terbuka yang bisa dimainkan dengan karakter lainnya pada waktu yang bersamaan dengan skenario “A.” Hal ini membuat gamer mengetahui apa yang terjadi pada karakter lainnya pada titik-titik tertentu.
{pagebreak}
Resident Evil 3: Nemesis

Sebenarnya Resident Evil 3: Nemesis dimulai sehari sebelum Resident Evil 2, dan berakhir dua hari setelahnya. Dalam game ketiga Resident Evil ini, gamer bertemu kembali dengan Jill Valentine. Kali ini Jill berusaha melarikan diri dari Raccoon City, sama dengan tempat kejadian dalam Resident Evil 2. Tadinya Jill mencoba untuk menunggu tim penyelamat, tetapi akhirnya memutuskan untuk mencari jalan kabur lainnya dengan pergi ke kantor polisi.
Resident Evil 3: Nemesis dirilis pada tanggal 22 September 1999 untuk PlayStation.  Berbeda dengan sebelumnya, gamer hanya bisa mengendalikan Jill saja dalam game ini. Sistem baru yang diperkenalkan dalam game ini adalah ‘Live Selection’ yang kurang lebih sama dengan QTE (Quick Time Event). Gamer harus memilih antara dua pilihan pada adegan-adegan tertentu untuk aksi Jill.
Resident Evil Survivor

Resident Evil: Survivor tidak berhubungan langsung dengan cerita inti Resident Evil. Game ini terjadi pada bulan November 1998 dan menceritakan seorang agen yang bernama Ark Thompson yang ditugaskan oleh Leon S. Kennedy untuk menyusup ke fasilitas Umbrella di Sheena Island. Awalnya Ark mengalami amnesia dikarenakan wabah yang sengaja disebarkan oleh pemimpin Umbrella.
Resident Evil Survivor dirilis pada tanggal 30 Agustus 2000 untuk PlayStation. Berbeda dengan game-game sebelumnya, game ini menawarkan permainan dengan sudut pandang first-person. Hal ini membuat Resident Evil Survivor bisa dimainkan dengan menggunakan GunCon keluaran Namco (sekarang Namco Bandai Games).
Resident Evil  Code: Veronica

Resident Evil Code: Veronica kembali menceritakan Claire Redfield. Tiga bulan setelah hancurnya Raccoon City, Claire masih berusaha mencari kakaknya. Pencarian ini membuat Claire pergi memeriksa fasilitas Umbrella di Paris. Sayangnya dia tertangkap dan dikirim ke Rockfort Island. Sama seperti game-game sebelumnya, Claire mencoba untuk melarikan diri dari pulau yang penuh dengan zombie.
Resident Evil Code: Veronica dirilis pada tanggal 29 Februari 2000 untuk Dreamcast. Ini adalah game pertama Resident Evil yang menggunakan background 3D, tetapi sayangnya gamer masih tidak bisa mengendalikan kamera. Tidak banyak perubahan dalam game ini, fitur baru yang ditawarkan adalah kemampuan untuk memegang dua senjata secara bersamaan sehingga dapat menembak dua musuh yang berbeda sekaligus.
Resident Evil: The Darkside Chronicles

Resident Evil: The Darkside Chronicles menceritakan ulang kejadian-kejadian di Resident Evil 2 dan Resident Evil Code: Veronica , dan menawarkan chapter baru. Chapter baru tersebut menceritakan bagaimana Leon S. Kennedy dan Jack Krauser bertemu. Di tahun 2002, Mereka ditugaskan untuk mencari Javier Hidalgo, bekas pemimpin bandar narkoba yang dilaporkan mendekati Umbrella, Inc. Ketika Leon dan Krauser sampai di desa terdekat, ternyata seluruh penduduknya telah menjadi zombie.
Resident Evil: The Darkside Chronicles dirilis pada tanggal 17 November 2009 untuk Wii. Game ini adalah on-rail shooting dimana gamer hanya perlu menembak saja, tidak perlu memikirkan jalan. Tidak banyak perbedaan dengan game on-rail shooting lainnya, tetapi dalam game ini gamer bisa menghindar dari serangan musuh.
{pagebreak}
Resident Evil Dead Aim

Resident Evil Dead Aim adalah sebuah spin-off yang terjadi pada bulan September 2002. Bruce McGivern ditugaskan oleh US STRATCOM (US Strategic Command Forces) untuk menghentikan teroris yang melepaskan t-Virus di sebuah kapal samudera Spencer Rain milik Umbrella.
Resident Evil Dead Aim dirilis pada tanggal 17 Juni 2003 untuk PlayStation 2. Sama dengan Resident Evil: Survivor, gamer akan memainkan game ini dalam pandangan first-person. Tetapi ada sedikit perbedaan yaitu pada saat pergerakan karakter, kamera akan berubah menjadi pandangan third-person. Capcom membuat spin-off ini untuk konsol lainnya dikarenakan pada waktu itu, Nintendo memegang hak eksklusif untuk seri utama Resident Evil.
Resident Evil: The Umbrella Chronicles

Sama seperti dengan Resident Evil: The Darkside Chronicles, game ini menceritakan ulang sejarah Umbrella, Inc dalam Resident Evil 0, Resident Evil, dan Resident Evil 3: Nemesis, dan juga chapter tambahan yang menceritakan akhir  Umbrella Inc. Pada bulan Februari 2003, lima tahun setelah hancurnya Racoon City, Chris Redfield dan Jill Valentine menyerang fasilitas terakhir milik Umbrella yang paling penting. Semua rahasia Umbrella Inc disimpan dalam fasilitas ini.
Resident Evil: The Umbrella Chronicles pada tanggal 13 November 2007 untuk Wii. Tidak berbeda dengan Resident Evil: The Darkside Chronicles, game ini berupa on-rail shooting dimana gamer hanya perlu menembaki zombie saja.
Resident Evil 4

Dalam Resident Evil 4, gamer kembali mengendalikan Leon S. Kennedy. Dia telah direkrut dan dilatih oleh pemerintah Amerika Serikat untuk menjadi agen khusus setelah mengetahui aksinya di Raccoon City. Setelah menjadi agen untuk agensi keamanan khusus, Leon dikirim ke Spanyol dalam misi untuk menyelamatkan Ashley Graham, anak presiden yang diculik oleh organisasi cult misterius.
Resident Evil 4 dirilis pada tanggal 11 Januari 2005 untuk Gamecube. Perubahan total seri Resident Evil terjadi dalam game ini. Sekarang gameplay diubah menjadi lebih cepat, lebih banyak aksi, dan menjadi third-person shooter. Selain itu game ini juga memperkenalkan system QTE dimana gamer harus menekan tombol sesuai yang diminta dalam waktu yang sangat terbatas.
{pagebreak}
Resident Evil Revelations

Ber-setting di tahun 2005, game ini menceritakan kejadian-kejadian di antara Resident Evil 4 dan Resident Evil 5. Game ini menceritakan agen-agen Bioterrorism Security Assessment Alliance (B.S.A.A), sebuah grup counter-terrorism yang dianggotai oleh Chris Redfield dan Jill Valentine. Jill dan Parker Luciani ditugaskan untuk menaiki kapal Queen Zenobia untuk mencari Chris dan Jessica Sherawat yang ternyata dipenuhi dengan makhluk B.O.W (Bio Organic Weapon) baru bernama Ooze.
Resident Evil Revelations dirilis pada tanggal 7 Februari untuk Nintendo 3DS. Gameplay masih sama dengan Resident Evil 5, tetapi kamera bisa diubah menjadi pandangan first-person pada saat membidik. Gamer juga bisa bergerak sambil membidik untuk pertama kalinya. Meskipun sistem gameplay sama, tetapi Resident Evil Revelations lebih menitikberatkan pada elemen survival horror, dimana resource lebih sedikit dan suasana yang lebih mencekam.
Resident Evil 5

Resident Evil 5 dimulai pada tahun 2009, enam tahun setelah hancurnya Umbrella. Chris Redfield yang merupakan agen B.S.A.A. dikirim ke Afrika untuk menyelidiki kasus penyelundupan B.O.W. Di sana, dia bertemu Sheva Alomar, agen B.S.A.A. cabang Afrika Barat. Mereka mencoba untuk bertemu dengan tim Alpha dari B.S.A.A., yang mencoba mencegat penyelundup B.O.W bernama Ricardo Irving. Tetapi situasi berubah total karena seisi tim Alpha telah mati dan mereka diserang oleh Majini, B.O.W. yang terinfeksi oleh Plaga.
Resident Evil 5 dirilis pada tanggal 5 Maret 2009 untuk PlayStation 3, Xbox 360, dan PC. Gamer mungkin sudah tidak asing lagi dengan game ini. Chris akan selalu ditemain Sheva sebagai partner. Partner ini akan berguna untuk berbagai macam hal, mulai dari membuka pintu hingga menghidupkan pemain lainnya ketika mati. Gameplay kali ini lebih banyak action apabila dibandingkan dengan Resident Evil 4.
Resident Evil 6

Resident Evil 6 ber-setting di 2013, 15 tahun setelah hancurnya Racoon City. Cerita kali ini menjadi lebih kompleks karena dibagi menjadi empat campaign: Leon, Jake, Chris, dan Ada. Untuk lengkapnya, gamer bisa tunggu review VGI.
Begitulah sejarah singkat dunia Resident Evil. Apabila gamer ingin mengetahui masing-masing game lebih detail, tentu ada baiknya kalau gamer langsung memainkan sendiri game-game tersebut. (RG)